NAVIGASI
Navigasi adalah suatu tehnik untuk menentukan kedudukan suatu tempat dan arah lintasan perjalanan secara cepat dan tepat, sedangkan orang yang melakukannya disebut Navigator. Navigasi terdiri dari tiga macam jenis yaitu:
1. Navigasi darat
2. Navigasi laut
3. Navigasi udara
Arah –arah
1. Utara sebenarnya
Yaitu arah yang ditujukan oleh meridian dan menuju ke kutub utara. Atau tempat pertemuan dari garis – garis meridian yang terdapat di kutub utara.
2. Utara peta
Yaitu arah yang ditunjukan oleh garis – garis koordinat peta tegak kebagian atas peta, dan adanya hanya di peta.
3. Utara magnetis
Yaitu arah yang ditunjukan garis tengah jarum kompas dan tujuannya ke kutub magnetis. Dan adanya hanya di medan.
Kunci pemahaman Navigasi ada dua cara yaitu:
1. Mampu membaca gambar permukaan bumi pada peta,
2. Mampu menggunakan alat-alat Navigasi dan menentukan arah mata angin yang tepat.
Didalam Navigasi terdapat perpindahan grade karena perubahan struktur atau kontur pada peta lama dan peta baru
1. Peta
• Peta adalah gambaran permukaan bumi diatas bidang datar dengan ukuran diperkecil, bersifat selektif dan dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya baik secara visual maupun secara sistematis.
Jenis-jenis peta antara lain:
1. Peta Topografi adalah peta yang menyajikan gambaran proyeksi dan sebagian permukaan fisik bumi yang mengambarkan secara detail tentang keadaan suatu tempat, ketinggian dan sebagainya. Peta yang dipakai mempunyai skala 1: 25000
2. Peta Geografis adalah gambaran proyeksi dan seluruh permukaan fisik bumi ini, seperti globe.
3. Peta Theknis adalah gambaran proyeksi permukaan fisik bumi untuk menunjang kebutuhan tehnik tertentu, seperti peta teknis jaringan jalan raya.
4. Peta Termatik adalah gambaran data dan informasi yang mempunyai tema (topik) tertentu sehubungan dengan kedudukan geografisnya, seperti peta distribusi peluru AS.
Untuk keperluan Navigasi darat diperlukan Peta Topografi, tentunya dengan memilih catatan lapangan yang sesuai dengan daerah atau tempat yang dijelajahi.
• Perpindahan Grade adalah Tehnik untuk memindahkan titik koordinat pada peta topografi ke peta geografis agar mendapatkan kedudukan kita pada peta geografis dengan lebih akurat.
• Skala peta adalah perbandingan jarak antara dua titik di peta dengan jarak mendatar ( horizontal ) antara dua titik yang serupa di medan.
Rumusnya : Jarak Di Peta X Skala = Jarak Mendatar
• Lagenda peta adalah keterangan peta yang berupa simbol atau benda yang terdapat dibawah peta.
• Orientasi Peta adalah menyamakan kedudukan peta dengan medan sebenarnya atau praktis menyamakan utara peta denagn utara sebenarnya.
• Kordinat Peta, melakukan koordinat ini dilakukan diatas peta dan bukan dilapangan. Menunjukan dan arah barat ke timur danarah selatan ke arah selatan atau kiri kanan, bawa atas (KIKA BATAS).
• Karvak yaitu daerah yang dipeta yang dibagi-bagi menjadi bagian berupa bujur sangkar.
Masing-masing karvak pada peta mempunyai skala 1:50.000 = 2cm = 1000m sedangkan peta skala 1:25.000 = 4cm = 1000m
Contour atau Garis ketinggian merupakan garis yang berbelok – belok menghubungkan titik yang memiliki ketinggian yang sama dari permukaan air laut.
Sifat-sifat Garis Kontur :
1. Garis kontur mewakili satu keinginan
2. Garis kontur memiliki nilai yang rendah mengelilingi garis kontur yang lebih tinggi
3. Garis kontur tidak mungkin saling berpotongan atau bercabang
4. Pada peta seri AMS setiap garis kontur kelipatan sepuluh ditandai dengan garis kontur tebal.
5. Garis kontur yang rapat menandakan daerah itu curam dan renggang menandai landai.
6. Interval kontur/perbedaan antara garis mempunyai rumus 1/12000 X skala, kecuali jika kertulis pada peta.
7. Garis kontur yang dengan bentuk “U” menandakan punggungan, bentuk “V” menandakan lembah. Garis kontur tidak dapat dijadikanpatokan dalam mengukur jarak, tetapi hanya ketinggian saja.
2. Kompas adalah sebagai alat petunjuk arah mata angin. Bagian-bagian yaitu:
Dial (suatu permukaan dimana terdapat angka seperti pada permukaan jam),
1. Visir (pembidik sasaran),
2. Kaca pembesar,
3. Jarum Magnet,
4. Bagian penyangga
Jenis-jenis Kompas yaitu:
1. Kompas Silva, dapat digunakan untuk ploting, menghitung arah dengan cepat dan tepat diatas peta tanpa menggunakan busur.
2. Kompas Prisma
3. Kompas Lensa
Cara Membaca Kompas
• North East Timur laut 450
• East Timur 900
• South East Tenggara 1350
• Sounth Selatan 1800
• Sounth West Barat Daya 2250
• West Barat 2700
• North West Barat Laut 3150
• North Utara 3600
Azimut adalah besar sudut antara utara dengan titik shoting
Azimut dibagi tiga yaitu:
1. Azimut sebenarnya
2. Azimut peta
3. Azimut kompas
Resection
Resection adalah menentukuan posisi kita di peta dengan menggunakan dua buah tanda medan yang terlihat dengan jelas, dan diketahui posisinya dengan tepat dipeta.
Dalam resection harus menggunakan back azimut.
Langkah-langkah resction:
1. Lakukan orientasi peta
2. Cari tanda medan yang mudah dikenali dan dipeta kita
3. Bidak tanda medan tersebut dari posisi kita
4. Pindahan Back Azimut yang didapat pada peta kita
5. Perpotongan garis Back Azimut inilah yang menentukan posisi kita pada peta
Intersection
Intersectioan adalah cara untuk menentukan kedudukan orang lain di peta.
Caranya :
1. orentasikan peta
2. misalnya pada titik ketinggian tempat kita berdiri adanya triangulasi, yang pada peta kita kenali, misalnya titik A
3. kemudian kita bidik kearah sasaran misalnya titik C, dari kedudukan kita ( titik A ), lalu hasil bidikan kompas pindahkan kesudut peta setelah dihitung SPM tahun berjalan.
4. tarik garis di peta dari titik A sebesar perhitungan sudut peta.
5. kemudian kita pindahka ke titik B, yang telah kita ketahui kedudukannya baik dipeta maupun di medan seperti no. 2.
6. kemudian kita bidik kearah sasaran misalnya titik C, dari kedudukan kita titik B, lalu hasil bidikan kompas pindahkan kesudut peta setelah dihitung SPM tahun yang sedang berjalan, seperti no.3.
7. titik garis di peta dari titik B sebesar perhitungan sudut peta.
8. perpotongan garis tersebut adalah kedudukan / posisi orang.
Minggu, 20 Desember 2009
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar