MAPALA ALFEDYA

MAPALA ALFEDYA
Logo MAPALA ALFEDYA

Rabu, 20 Januari 2010

JALUR BARAT LAUT MAPALA ALFEDYA

1. MENUJU KAMPUNG IV
Ketinggian gunung dempo adalah ± 3.159 mdpl, yang terdiri dari hutan, kebun teh dan penduduk. Untuk mencapai pintu rimba dari rumah pak anton dapat ditempuh dengan mengendarai mobil atau berjalan kaki. Setelah sampai di kampung IV tepatnya di mushola lama dapat dimulai pendakian.
Dari kota atau pasar Pagar Alam naik mobil ke desa Jurusan Gunung, berhenti dirumah Pak Anton untuk istirahat atau langsung ke kampung II. Kemudian dari kampung II dilanjutkan ke kampung IV dengan carter mobil atau menumpang truk pengangkut teh atau dengan berjalan kaki.
- Kota / Pasar sampai rumah Pak Anton : Rp. 2.000,-
- Kota / Pasar sampai kampung II : Rp. 4.000,-
- Rumah Pak Anton ke kampung IV : Rp. 1.500,-
Dari rumah Pak Anton bisa juga ditempuh dengan berjalan kaki selama ± 2 jam perjalanan ke kampung IV dengan melwati kebun teh yang berbukit-bukit dan rumah penduduk.

2. MENUJU PINTU RIMBA JALUR BARAT LAUT MAPALA ALFEDYA
Untuk sampai ke pintu rimba jalur barat laut mapala alfedya, dapat dimulai dari mushola lama yang tidak digunakan lagi di kampung IV, dengan berjalan kaki kearah puncak dempo atau tepatnya dibelakang kampung IV. Jalur yang dilewati terdapat kebun teh yang baru ditanami dan kebun penduduk. Lamanya perjalanan ke pintu rimba ±30 menit dan telah berada diketinggian 2.350 Mdpl.

3. MENUJU SHELTER I
Perjalanan dilanjutkan menuju shelter I dengan kondisi hutan yang masih alami dan dijumpai kebun penduduk. Jalan yang dilalui masih landai dengan lama perjalanan ± 1,5 jam. Selam perjalanan terdengar kicauan berbagai burung dan binatang lainnya. Sebelum sampai shelter I terdapat tempat mengambil air minum dengan menuruni bukit selam ± 15 menit.

4. MENUJU SHELTER II
Dari shelter I, kita melnjutkan perjalanan menuju shelter II. Shelter II dapat ditempuh ± 3 jam perjalanan dengan kondisi jalur menanjak dan beberapa kali melewati pinggiran bukit. Didalam perjalanan dapat kita temui berbagai macam anggrek dan bunga lainnya, sekumpulan kantong semar dan beberapa pohon kayu panjang umur, kondisi hutan sangat rapat dan ditumbuhi banyak lumut. Yang menarik dapat dilihat air terjun dengan jelas ( apabila tidak tertutup kabut ).

5. MENUJU PUNCAK BARAT LAUT MAPALA ALFEDYA
Selanjutnya perjalanan dilanjutkan menuju puncak barat laut mapala alfedya dengan jalur yang lebih menanjak lagi. Maka diperlukan bantuan tangan untuk memegang ranting pohon atau bebatuan. Sesekali masih menyisir pinggiran punggungan yang sangat llicin dan semakin mendekati puncak pohon-pohon semakin pendek. Lamanya perjalanan dari shelter ii kepuncak yaitu ± 2 jam.

6. MENUJU TOP DEMPO
Setelah sampai di puncak barat laut, akan terdapat tanda arah menuju Top Dempo yang mengarah kekiri dan jalur pendakian landai. Kesulitan belum selesai, karena melanjutkan ke Top Dempo harus merunduk dan sesekali cariel tersangkut ranting pohon yang rapat. Lamanya perjalanan ± 15 menit.

7. MENUJU PELATARAN
Kemudian setelah sampai Top Dempo, dilanjutkan turun ke pelataran. Pelataran adalah tempat dimana para pendaki untuk beristirahat dan membuat tenda. Jarak ditempuh ± 15 menit. Di pelataran banyak dijumpai tanaman kayu panjang umur dan buahnya yang telah matang dapat dimakan dan banyak terdapat mata air yang bisa digunakan untuk memasak dan minum. Di pelataran juga terdapat telaga putri, telaga putri merupakan salah satu objek yang terletak dipelataran. Pelataran dempo merapi sangat luas dan dapat menampung banyak pendaki.

8. MENUJU PUNCAK GUNUNG MERAPI DAN KAWAH MERAPI
Kawah merapi merupakan salah satu yang harus dikunjungi apabila mendaki gunung dempo. Jarak yang ditempuh untuk sampai ke puncak merapi dari pelataran ± 20 menit dengan jalur terjal.

9. KEADAAN IKLIM GUNUNG DEMPO
Keadaan iklim di lokasi gunung dempo mempunyai dua musim. Apabila bermusim hujan, maka pada siang hari udara terasa dingi dengan suhu mencapai ± 100-200 C dan sering turun hujan, sedangkan pada malam harinya udara terasa dingin lagi dengan suhu mencapai ± 50-100 C. Apabila dimusim panas, maka siang hari terasa panas. Tetapi panasnya tidak berkepanjangan, itulah bisa membuat kulit kita terbakar.

10. FLORA DAN FAUNA
- Flora
Flora yang terdapat digunung dempo adalah dikelilingi oleh perkebunan teh PTPN VII, kemudian ditemui jenis vegetasi kayu panjang umur, hutan pakis, anggur hutan, kantung semar, jamur, lumut, keladi hutan, buah selutup dan perkebunan penduduk yang sedang ditanami kol ( kubis ), sawi, cabe, kebun kopi, dll.

- Fauna
Fauna yang terdapat disekitar gunung dempo adalah beruang madu, harimau, beruk, siamang, burung murai, burung penghisap madu, ayam hutan, tikus, lebah, kupu-kupu, cacing tanah, nyamuk hutan ( agas ), lalat hutan, dan banyak terdapat pacat.

11. PENDUDUK
Penduduk disekitar gunung dempo kebanyakan berasal dari pulau jawa dan orang jawa. Penduduk disekitar gunung dempo tinggal di perkampungan, perkampungannya terdiri dari 4 kampung :
- kampung I
- kampung II
- kampung III
- kampung IV

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jalur Barat Laut

Jalur Barat Laut
Jalur Barat Laut